Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 2 3 4 5 6 7, Subtema 1: Rukun dalam Perbedaan, Pembelajaran 1

oleh -75 views

2. Pengakuan Kepada Dunia Luar

Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure).

3. Menaikkan Martabat Bangsa

Pembacaan teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki martabat, dan negara yang mandiri.

4. Perjuangan sebagai Negara Baru

Indonesia adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara Indonesia adalah negara mandiri yang tidak tergantung kepada negara lain.

5. Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.

Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu? Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu!

Jawaban:

1. Tanda Kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan merupakan bentuk pemberitahuan kepada khalayak luas tentang kemerdekaan Indonesia. Proklamasi ini dicapai dari hasil kerja keras para pejuang untuk membebaskan Indonesia dari penjajah. Proklamasi kemerdekaan ditujukan untuk rakyat negara itu sendiri dan juga seluruh rakyat dunia.

2. Siap Menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Proklamasi berarti Indonesia siap hidup sebagai NKRI. Artinya, meski berasal dari beragam suku, agama, bahasa dan daerah, Indonesia tetap satu kesatuan yang utuh. Proklamasi juga membuat Indonesia punya kedaulatan penuh atas negaranya. Misalnya mulai dari penyusunan peraturan, penataan kehidupan ekonomi, dan lain sebagainya yang enggak bisa dikendalikan oleh bangsa asing.

No More Posts Available.

No more pages to load.